Macam-macam media anggrek

Bermacam-macam media dapat digunakan sebagai media tumbuh bagi anggrek (kecuali tanah) . Media tersebut diantaranya dijelaskan di bawah ini . Tidak tertutup peluang untuk mencoba menggunakan media tanam yang lain , misalnya saja batu apung dan batu zeolit.

Arang kayu
Arang kayu bersifat kering, tidak mudah menyerap air. Sehingga perlu penyiraman yang lebih sering untuk menjaga kelembaban media. Pada dataran rendah media anggrek yang menggunakan arang kayu biasanya disiram dua kali sehari. Pada pagi hari sekitar jam 7 pagi dan sore hari sekitar jam 3 sore.
Cocopeat
Cocopeat merupakan serabut kelapa yang sudah disterilisasi . Cocopeat bersifat menyimpan air. Dengan menggunakan cocopeat penyiraman dapat dilakukan dengan lebih jarang. Penyiraman dilakukan setelah media kering.
Perlakuan cocopeat sebelum digunakan sebagai media tanam untuk anggrek.
Serabut kelapa mengandung zat tanin, atau zat anti gizi. Adanya zat tanin ditandai dengan keluarnya warna merah bata saat serabut kelapa direndam dalam air. Sebekum digunkan rendam selama sehari atau di rebus terlebih dahulu sampai warna merah yang keluar benar-benar berkurang.
Penganggrek Thailand menggunakan cara yang sederhana dalam menggunakan serabut kelapa sebagai media tanam. Lihat foto dibawah ini .

Penggunaan serabut kelapa untuk media anggrek

Penggunaan serabut kelapa untuk media anggrek

Media Moss
Media moss yang dikenal dipasaran ada dua , yaitu yang berbahan dasar rumput laut dan moss yang berbahan akar pohon kadaka.
Moss Spagnum
Moss Spagnum merupakan media yang berbahan rumput laut. Media spagnum biasanya diimpor dari Chili, sehingga harganya cukup mahal, sampai 75 000 rupiah per kilogram. Spagnum merupakan media yang sudah steril , sehingga tidak perlu disterilisasi lagi. Bersifat menyimpan air. Pada dataran rendah Sapgnum Moss dapat disiram dua kali seminggu. Pada dataran tinggi cukup disiram seminggu sekali. Penyiraman harus dilakukan saat spagnum benar-benar kering dan penyiraman benar-benar sampai media benar-benar basah. Pemelihara anggrek dapat melakukan penyiraman dengan merendamnya didalam ember. Apabila memelihara dalam jumlah banyak akan lebih baik menggunakan sistem talang untuk mengairi media.
Moss akar kadaka
Akar kadaka baik pula digunakan sebagai media anggrek ,memiliki sifat yang sama dengan moss spagnum sehingga perlakuan penyiraman kurang lebih sama dengan media spagnum. Sebelum digunakan moss akar kadaka perlu dibersihkan dulu. Rendam dalam ember yang berisi air, sehingga kotoran yang melekat terlepas. Lalu disterilkan dengan direbus.
Media pakis
Media pakis paling banyak digunakan oleh hobiis anggrek. Beberapa keunggulan pakis menjadikan pakis banyak digunakan. Pakis secara alami dialam merupakan tempat menempelnya anggrek, selain berpori , pakis juga menyimpan nutrisi walaupun tetap perlu pupuk untuk memenuhi kebutuhan anggrek. Sayangnya pakis mudah dihinggapi jamur sehingga sejak awal perlu penanganan yang lebih hati-hati bila menggunakan pakis. Saat ini media pakis mulai jarang ditemui dan keberadaannya dialam perlu dilindungi. Sebaiknya gunakan media selain pakis untuk memelihara anggrek.

Tags:

4 Responses to “Macam-macam media anggrek”

  1. rachmatullah Says:

    saya sangat tertarik pada tulisan ini dan kebetulan cocok dengan apa yang saya butuhkan. saya sedang melakukan penelitian tentang aklimatisasi anggrek dendrobium dan butuh literatur. bolehkan saya mengutip dari tulisan ini? dan atas nama siapa tulisan ini dibuat. mohon maaf karena saya membutuhkannya untuk daftar pustaka. terimakasih.

  2. khoir Says:

    oke bagus dengan ini Q dapat tahu media mana yang [paling bagus buat anggrek Q Tapi Q qira yang oaling bagus itu Skam bakar dicampur sama cocopit dan juga jngan lupa Akar pakisnya

  3. widodo Says:

    Ada media pakis kah ?? saya perlu dalam jumlah banyak. Bisa bantu kah? hub 08125569335

  4. fatik Says:

    cukup menarik..saya penggemar anggrek,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: